'/> 3 Tari Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat -->

Info Populer 2022

3 Tari Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat

3 Tari Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat
3 Tari Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat
Tari Mpaa Lenggogo
           
METIF Media Edukatif- Nusa Tenggara Barat ialah sesuatu propinsi di Indonesia dalam formasi Sunda Kecil. Provinsi ini populer dengan nama singkatannya, yaitu NTB. NTB dikategorikan sebagai provinsi dalam Kepulauan Nusa Tenggara, Propinsi NTB mempunyai 10 Kabupaten/Kota  Sebagian besar dari warga Lombok berasal dari suku Sasak, sedangkan suku Bima serta Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas warga Nusa Tenggara Barat beragama Islam.

Berikut klarifikasi dari 3 jenis tari yang admin maksud :

1. Tari Mpaa Lenggogo
Tari Mpaa Lenggogo merupakan sesuatu tarian Dari Nusa Tenggara Barat, yang biasa disajikan buat menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. Tarian ini juga kerap dipentaskan terhadap upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja

2. Tari Batu Nganga
Tari Batu Nganga merupakan sesuatu tari yang berasal dari Nusa tenggara Barat, tari Batu Nganga berlatar belakang kisah rakyat yang mengisahkan mengenai kecintaan rakyat pada putri raja yang masuk batu serta permohonan mereka supaya sang putri dapat keluar dari dalam batu. Berikut ini ialah salah satu gambar Tari Mpaa Lenggogo serta Tari Batu Nganga. Isnpirasi timbulnya Tari Batu Nganga ialah dari legenda kisah rakyat, serupa dengan legenda Malin Kundang contohnya.

3. Tari Gendang beleq
ari Gendang Beleq ialah salah satu tarian dari Lombok, dinamakan demikian pasal memakai gendang yang amat besar. Suku yang menjalankan kesenian tradisional ini ialah Suku Sasak  Pada zaman berlalu dan silam tarian ini dipertunjukan buat mengiringi atau menyambut tentara yang pergi atau pulang dari medan perang  Tarian ini kerap digunakan buat menyambut tamu-tamu serius sebagai suatu seni, pertunjukan tarian ini juga dikatakan “Tari Oncer”
O ya, gendang tersebut dapat mencapai diameter 50 cm serta panjangnya dapat mencapai 1,5 meter. Diujung kanan serta kirinya dipakaikan pengait buat memakaikan tali yang nantinya dipakai buat menggantung gendang di leher.

Nah itulah beberapa Tari Khas Nusa Tenggara Barat ,  semoga memberi manfaat bagi kita tiruana sekian dan salam METIF-Media Edukatif.
Advertisement

Iklan Sidebar